Senin, 21 Februari 2011 Posted by harry | 17.57 -

Regresi

ANALISA REGRESI

Berbagai jenis analisa regresi yang ditawarkan oleh Konsultasi Statistik P3M-UI

Regresi Linier Sederhana dan Berganda
         Analisa hubungan antara sebuah variabel dependent (memiliki jenis data numerik) dengan variabel independent(memiliki jenis data numerik & katagorik). Model ini memiliki asumsi klasik yang harus dipenuhi agar sifat dari persamaannya yang terbentuk menjadi BLUE (Best Linier Unbias Estimation) seperti kenormalan error, autocorrelation, homokedatisitas & multikolinieritas.

Contoh Aplikasi Regresi Linier ==> Klik disini
Pelatihan Regresi Regresi Linier ==> Klik disini
 
Regresi Logistik

Analisa hubungan antara sebuah variabel dependent (variabel biner/dua katagori) dengan variabel independent(memiliki jenis data numerik & katagorik). Model ini memiliki fungsi penghubung berupa distribusi LOGIT sehingga permodelan yang terbnetuk umumnya digunakan untuk memprediksi probabilita terjadinya sebuah kejadian berdasarkan variabel penjelasnnya (independen/prediktor). Hal-hal yang akan dibahas dalam analisa regresi logistik berupa kelayakan model, kekuatan model, variabel independen (prediktor) yang berpengaruh dan nilai resiko kecenderungan dari sebuah variabel independen yang menjelaskan bentuk hubungan.

Contoh Aplikasi Regresi Logistik ==> Klik disini
Pelatihan Regresi Logistik ==> Klik disini

Regresi Multinomial



Analisa hubungan antar variabel independen dengan variabel dependent yang relatif sama dengan model regresi logitik, dengan fungsi penghubung yang sama,  hanya pada model regresi multinomial logit jumlah katagori dari variabel dependen lebih dari dua. Hal-hal yang akan dibahas dalam analisa regresi multinomial logit relatif sama dengan regresi logistik yaitu berupa kelayakan model, kekuatan model, variabel independen (prediktor) yang berpengaruh dan nilai resiko kecenderungan dari sebuah variabel independen yang menjelaskan bentuk hubungan.

Contoh Aplikasi Regresi Multibomial ==> Klik disini






Regresi Ordinal
       Analisa hubungan antara variabel independen (data numerik/katagorik) dengan variabel independen (memiliki skala pengukuran ORDINAL) dengan menggunakan fungsi penghubung logit ataupun probit. Ciri utama pada model regresi ini adalah bentuk variabel independennya yang memiliki skala pengukuran Ordinal.

Contoh Aplikasi Regresi Ordinal ==> Klik disini





Regresi Poisson
        Jenia analisa hubungan antara vaiabel independen (data numerik/katagorik) dengan variabel independen (data count/frekuensi) dengan menggunakan fungsi penghubung berupa distribusi poisson. Hal-hal yang akan dibahas dalam analisa regresi poisson berupa kelayakan model, kekuatan model dan variabel independen (prediktor) yang berpengaruh. Selain masalah tersebut, hal penting yang perlu dibahas adalah masalah overdispersi.

Contoh Aplikasi Regresi Poissin ==> Klik disini



1 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Followers